Slide 2

SMAN 4 PALANGKA RAYA

Jl. Sisingamangaraja III No. 3 RT/RW 005/002 Kel. Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah

Slide 3

Sambutan Kepala Sekolah

Selamat datang di website resmi SMA Negeri 4 Palangka Raya. Di era digital saat ini, website sekolah merupakan portal informasi terdepan sebagai sarana penyebaran berbagai publikasi terkait kemajuan pendidikan terkini dan prestasi SMAN 4 Palangka Raya.

SUDIRO, S.Pd.MM

Kepala SMAN 4 Palangka Raya

Slide 3
Kepala Sekolah Bersama Guru-Guru
previous arrow
next arrow

PELAKSANAAN MPLS DUA TAHUN SECERA DARING

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya memiliki kekuatan spiritual/keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya. Serta hak azasi anak dalam upaya meningkatkan derajat kualitas hidupnya sebagai warga negara dan warga masyarakat agar lebih baik. Untuk itu, tugas pemerintah adalah menyiapkan pelayanan pendidikan bagi masyarakat yang bermutu, berdaya saing serta mudah diakses oleh masyarakat.

Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional, kekayaan Indonesia sehingga generasi muda harus peka dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Dengan demikian lahirlah proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayatnya dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satunya melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini, salah satu awal upaya memperkenalkan tentang lingkungan sekolah yang baru bagi peserta didik, khususnya di SMAN 4 Palangka Raya. Tidak lupa pula peran serta orang tua pun adalah kunci sukses dalam pendidikan anaknya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengendalian mutu layanan pendidikan yang lebih baik.

Hal ini telah dilakukan oleh SMAN 4 Palangka Raya, yang berlalamat di jalan Sisingamangaraja III No. 03 RT 005/RW 002 Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Acara Pembukaan MPLS kali ini sudah dua tahun secera daring. Sedih rasanya, tidak bisa melihat keseruan, keceriaan, keakraban anak-anak bertemu satu dengan yang lainnya mengenal Bapak/Ibu gurunya dan lain-lainnya. Sungguh sangat berbalik dari judul kegiatanntanya. Tetapi syukur MPLS secara moda daring ini bisa dilaksanakan demi mewujudkan harapan bersama. Bisa didamba, memang harus dipelihara, dijaga untuk mencapai harapan anak-anak bangsa yang berharga, mulia serta berjaya.

Kepala SMAN 4 Palangka Raya Yenihayati, S.Pd., M.Pd., ketika membuka Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2021/2022 secara online melalui aplikasi Zoom yang diikuti seluruh peserta didik baru. Kendatipun masa pandemik COVID-19 saat ini masih dalam kondisi belum berakhir di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya di kota Palangka Raya, demi keselamatan, kesehatan siswa, orang tua, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah serta masyarakat menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan MPLS secara moda daring ini. Serta harus menaati protokol kesehatan. Kegiatan MPLS di SMAN 4 Palangka Raya tetap bisa dilakukan walaupun sangat sederhana, yang dilangsungkan dari ruang kendali multimedia/Lab. Komputer SMAN 4 Palangka Raya, Senin 12 Juli 2021.

Kepala SMAN 4 Palangka Raya Yenihayati, S.Pd., M.Pd.,menyampaikan, bahwa “Kegiatan MPLS bagi siswa baru bertujuan mengenali potensi diri peserta didik baru, membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana sekolah, menumbuh kembangkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru. Mengembangkan interaksi antara peserta didik dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan budaya diri yang berkarakter yang baik dan memiliki ahlak mulia” imbuh beliau disela-sela acara berlangsung.

Acara pembukaan MPLS pun berlangsung lancar tanpa kendala yang berat. Peserta didik baru pun sangat antusias mengikuti acara tersebut yang berlangsu dari tanggal 12 s.d.14 Juli 2021. Acara pembukaan pun berakhir, meski tidak bertatap muka secara langsung, tampak para peserta didik baru telah mencatatkan kesan dan pengalaman tersendiri bagi mereka dalam MPLS secara moda daring ini, semoga dapat dikenang menjadi kenangan bagi mereka kelak. Terkisah bagi anak cucu mereka dalam generasi dan masa yang tidak kita ketahui setuasinya. Kalteng Berkah: Kompak Bergerak, Berkah Berdampak. (J.K.)

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *