Slide 2

SMAN 4 PALANGKA RAYA

Jl. Sisingamangaraja III No. 3 RT/RW 005/002 Kel. Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah

Slide 3

Sambutan Kepala Sekolah

Selamat datang di website resmi SMA Negeri 4 Palangka Raya. Di era digital saat ini, website sekolah merupakan portal informasi terdepan sebagai sarana penyebaran berbagai publikasi terkait kemajuan pendidikan terkini dan prestasi SMAN 4 Palangka Raya.

SUDIRO, S.Pd.MM

Kepala SMAN 4 Palangka Raya

Slide 3
Kepala Sekolah Bersama Guru-Guru
previous arrow
next arrow

SMAN 4 PALANGKA RAYA RAIH PRESTASI KSN TINGKAT KOTA

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA/MA, SMP/MTs dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai lomba/kompetisi baik nasional maupun internasional. KSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif diberbagai ajang internasional bergengsi dalam penguasaan sains dan teknologi oleh peserta didik. Oleh karena itu, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Secara umum penyelenggaraan kegiatan KSN-K ini adalah, 1) Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul, 2) Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia, 3) Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan, 4) Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

Namun secara khusus penyelenggaraan KSN-K ini adalah, 1) Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/ kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi, 2) Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional, 3) Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

SMAN 4 Palangka Raya mengirim peserta didiknya mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Nasional  (KSN) jenjang SMA tingkat kota. KSN-K ini berkompetisi dibidang sains merupakan tahap seleksi dalam menjaring siswa terbaik untuk melaju ke tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Ada sembilan bidang dilombakan KSN tahun 2021, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Kebumian, Ekonomi, dan Geografi.

Meski dilaksanakan secara daring karena masih suasana pandemi Covid-19, tidak semua siswa perwakilan mudah mengikuti penyisihan KSN-K tahun ini. SMAN 4 Palangka Raya cukup berhasil meraih piala, piagam, dan uang pembinaan Kompetisi Sains Nasional  (KSN) jenjang SMA tingkat kota tersebut. Bidang yang diraik adalah  Kimia oleh Alicia Giani shafira A.J kelas X-MIPA 1, Kebumian oleh Andres Setiawan dari kelas XII-MIPA 1, Biologi oleh Budhi Sastrio Abihu Eleazar dan Amelia Ramadianti kelas XII-MIPA 1 dan Fisika oleh Jasmin Ambun Sitalegawa kelas XI MIPA 1.

Hasil dan perjuangang mereka patut diapresiasi. “Terima kasih atas dukungan guru-guru pembimbing, pendamping serta bantuan dan dukungan orang tua peserta didik, sekali lagi saya mengucapkan terima  kasih yang tak terhingga atas kerja sama dan kepercayaan masyarakat terhadap SMAN 4 Palangka Raya.” Ungkap kepala SMAN 4 Palangka Raya Yenihayati, S.Pd., M.Pd., di sela-sela menerima penghargaan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, H. Akhmad Fauliansyah, S.H., di Aula SMAN 3 Palangka Raya Kamis 12 Agustus 2021. (J.K.)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *